Sabtu, 24 Desember 2016

Sistem Penunjang Keputusan (SPK)

Definisi SPK adalah  penggabungan sumber – sumber kecerdasan individu dengan kemampuan komponen untuk memperbaiki kualitas keputusan. Sistem Pendukung Keputusan juga merupakan sistem informasi berbasis komputer untuk manajemen pengambilan keputusan yang menangani masalah – masalah semi struktur.

Tahap-tahap pengambilan keputusan : 
  • 1. Tahap Pemahaman ( Inteligence Phace)
Memahami permasalahan / masalah.
Tahap ini merupakan proses penelusuran dan pendeteksian dari lingkup problematika serta proses pengenalan masalah. Data masukan diperoleh, diproses dan diuji dalam rangka mengidentifikasikan masalah.
  • 2. Tahap Perancangan ( Design Phace )
Tahap ini merupakan proses pengembangan dan pencarian alternatif tindakan / solusi yang dapat diambil. Tersebut merupakan representasi kejadian nyata yang disederhanakan, sehingga diperlukan proses validasi dan vertifikasi untuk mengetahui keakuratan model dalam meneliti masalah yang ada.
  • 3. Tahap Pemilihan ( Choice Phace )
Pemilihan solusi yang tepat pada design phace.
Tahap ini dilakukan pemilihan terhadap diantaraberbagai alternatif solusi yang dimunculkan pada tahap perencanaan agar ditentukan / dengan memperhatikan kriteria – kriteria berdasarkan tujuan yang akan dicapai.
  • 4. Tahap Impelementasi ( Implementation Phace )
Mempraktekkan solusi dari permasalahan.
Tahap ini dilakukan penerapan terhadap rancangan sistem yang telah dibuat pada tahap perancanagan serta pelaksanaan alternatif tindakan yang telah dipilih pada tahap pemilihan. 

  • 5. Tahap Evaluasi (Evaluasi Phace)
Tahap evaluasi pada sistem lama.


Previous Post
Next Post